Friday, May 17, 2019

Mahal Gila, Kopi Ini Dijual dengan Harga Rp. 600.000 Per Cangkirnya!



Adalah kopi gajah, jenis kopi yang dikembangkan di Thailand dan sering disebut sebagai Black Ivory Coffee merupakan kopi termahal di dunia. Minuman berwarna hitam pekat ini dijual dengan harga enam ratus ribu rupiah per cangkirnya. Wow, mahal gila ya!




Kopi yang pertama kali ditemukan oleh Blake Dinkin, seorang pria asal Kanada ini mengalami proses pembuatan yang hampir mirip seperti kopi luwak. Bedanya, dalam hal ini biji kopi sengaja dicampur ke dalam makanan si gajah agar dimakannya. Kopi yang telah masuk ke dalam perut gajah akan mengalami fermentasi, dan proses ini bisa berlangsung dalam waktu sekitar 15-30 jam.

Dari tiga puluh kilogram kopi yang dimakan gajah, jumlah kopi yang bisa dihasilkannya hanya sekitar satu kilogram saja. Hal ini terjadi karena pencernaan gajah yang cukup kuat sehingga memungkinkan hancurnya sebagian besar kopi yang masuk ke dalam perutnya. Sangat tidak efisien ya, GanSis.




Proses pembuatan yang cukup lama inilah yang menyebabkan kopi gajah dijual dengan harga mahal. Yaiyalah, pembuatnya kan harus balik modal juga.

Sementara ini, minuman tersebut belum dijual bebas dan hanya ada di beberapa negara seperti Thailand, Maladewa dan Abu Dhabi.

No comments:

Post a Comment